9 Skill Digital Marketing Yang Paling Dibutuhkan – Part 1

9 Skill Digital Marketing Yang Paling Dibutuhkan – Part 1

Digital marketing menjadi salah satu industri paling menguntungkan di era modern. Saya tidak mengatakan itu sekadar karena bergerak di industri ini, tapi itu menjadi sebuah fakta yang pasti juga sudah Anda rasakan. Hanya dengan sebuah laptop dan koneksi internet, kini tidak ada batasan untuk memperoleh sejumlah uang melalui digital marketing.

Anda dapat bekerja selama liburan, bahkan saat sedang berada di pantai. Dengan digital marketing, Anda dapat menjangkau jutaan orang di seluruh dunia dengan pesan atau produk dalam hitungan jam. Untuk mengetahui kecepatan perkembangan digital marketing, mari lihat gambar ini :

Kemampuan digital marketing kini menjadi incaran dengan permintaan tinggi pada berbagai sektor dan ukuran bisnis. Dan bukan hanya para pengusaha yang membutuhkan kemampuan digital marketing. Karena dengan seperangkat kemampuan pemasaran digital lah Anda dapat menjadi anggota paling bernilai di perusahaan dalam jangka waktu pendek.

Baik Anda saat ini sedang bekerja di bisnis yang sudah established, sebuah startup, maupun solopreneur, kemampuan digital marketing pasti diperlukan. Saya pastikan bahwa menjadi master dalam bidang digital marketing sama seperti membangun kolam yang besar (dan siap diisi uang). So, di bagian 1 ini kita akan bahas 3 kemampuan digital marketing yang lagi hot dicari di pasar dunia. Anda bisa pilih yang mana yang ingin Anda pelajari mendalam. Let’s check it out!

1. Spesialis SEO

Jangan terkejut ketika Anda tahu SEO menjadi skill yang bertengger di daftar teratas kemampuan paling dicari saat ini. Beberapa orang meyakini bahwa SEO sudah mati, tapi gosip tidak pernah menang dari kebenaran. Mari kita lihat pemaparan di bawah ini :

image08

Dewasa ini, SEO lebih dari sekedar mendapatkan situs web untuk menunjukkan pertanyaan pencarian yang sifatnya pasti. Mengacu pada perubahan algoritma pencarian Google, praktik SEO juga mengalami perubahan.

Bisnis kini mulai memahami pentingnya teknik pemasaran topi putih, seperti konten pemasaran dan blog tamu, yang mencari bagian penting dari kesuksesan SEO. Karena banyaknya perubahan dalam dunia SEO, merekrut sebuah tim yang ahli dalam bidang SEO menjadi sebuah kebutuhan.

Perusahaan membutuhkan orang atau tim yang tetap berkembang seiring perkembangan di dunia SEO. Butuh orang yang dapat memahami pentingnya menyediakan sesuatu yang bernilai untuk pelanggan.

Jika Anda ingin memiliki pekerjaan dengan bayaran tinggi di dunia digital marketing, saya sarankan agar Anda mempelajari SEO, baik itu secara otodidak maupun mengikuti kursus. Tapi hal yang perlu Anda ingat, SEO itu tidak mudah, Anda membutuhkan banyak praktik, kemampuan dasar, serta ketertarikan yang tinggi pada algoritma pencarian yang berubah-ubah.

2. Spesialis PPC

Kemampuan lainnya dengan permintaan tertinggi adalah pemasaran PPC. Ada sejumlah bisnis berpenghasilan tinggi yang ingin memperluas jangkauannya melalui iklan berbayar. Tapi masalah yang mereka temui adalah tidak tahu bagaimana mengalokasikan uang mereka secara tepat untuk memastikan iklan tersebut membangkitkan ROI yang tinggi.

Hal inilah yang mendasari diperlukannya pemasaran PPC. Tujuan utama seorang spesialis PPC adalah membuat situs web perusahaan mendapatkan peringkat pertama di pencarian Google, dan satu-satunya cara adalah dengan membuat traffic yang tertarget dan berkualitas tinggi.

image06

Gambar di atas hanya mendeskripsikan PPC secara sederhana. Tapi dalam praktiknya,

pekerjaan sebagai spesialis PPC menjadi pekerjaan di bidang pemasaran yang tersulit di dunia. Anda harus memiliki pemahaman matematika, strategi marketing, dan daya analisis yang kuat. Anda juga harus memahami Google Analytics dan AdWords secara mendetail. Kemudian, Anda harus dapat mengembangkan campaigns yang menyediakan hasil terukur terhadap klien Anda, menganalisis dan melaporkannya kepada mereka.

PPC ini sangat rumit, tetapi penting, meski Anda mungkin akan berinvestasi dalam jumlah yang besar dan memiliki risiko yang besar pula. Hal ini membuat spesialis PPC di gaji tinggi oleh perusahaan. Jika Anda mampu secara efektif menunjukkan kepada perusahaan bagaimana dapat membawa situs web mereka ke traffic yang tertarget melalui PPC, dan dengan biaya yang ekonomis, Anda akan memperoleh penghasilan tahunan dalam jumlah yang besar.

3. Ahli SOCMED

Socmed (social media) adalah salah satu tools yang powerful di era modern ini. Selama beberapa dekade terakhir, socmed tumbuh dengan pesat jauh melebihi pertumbuhan internet. Dan pertumbuhan socmed belum pernah menurun ke bawah. Hampir sepertiga populasi dunia saat ini menggunakan beberapa platform social media, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Sayangnya, kebanyakan perusahaan, bahkan yang bergerak di bidang teknologi, kurang memahami bagaimana caranya memanfaatkan berbagai platform social media tersebut untuk mencapai goals mereka. Hal ini seharusnya mendorong kita untuk semakin giat meningkatkan kemampuan di bidang pemasaran produk melalui social media.

image03

Dari grafik di atas kita melihat masalah bahwa ada lebih banyak orang memasarkan produknya melalui berbagai platform social media tapi tidak memiliki fokus yang baik pada promosi konten di Facebook. Jika Anda ingin memisahkan diri dari keramaian (dalam memasarkan produk), Anda perlu mempelajari setiap platform tersebut secara mendetail.

Artinya, Anda harus memahami waktu-waktu terbaik setiap harinya untuk mempost, post seperti apa yang bisa meningkatkan keterikatan dengan pelanggan, dan bagaimana cara agar masing-masing platform tersebut mencapai goals spesifik yang Anda inginkan.

Setelah Anda memahami dasar-dasarnya, Anda pun perlu memahami bagaimana memanfaatkan fitur berbayar pada sosial media untuk memasarkan produk Anda. Anda perlu mengembangkan kemampuan dalam bidang copywriting, psikologi warna, analisis, dan pemasaran visual. Tentu saja itu semua bukanlah hal yang mudah.

Tapi kabar baiknya, karena menjadi master dalam bidang social media marketing tidak mudah, itu dapat menjadikan Anda orang yang paling dicari dan dibayar mahal oleh perusahaan-perusahaan dunia. Buktikan pada klien, Anda dapat memberikan hasil yang terukur, menumbuhkan bisnis mereka melalui media sosial, dan bersiaplah mendapat reward terbaik dari klien Anda.

(LANJUT PART 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.