BOGOR KITA : SPIRIT MEMBANGUN INDONESIA

BOGOR KITA : SPIRIT MEMBANGUN INDONESIA

Malam tadi (18/09) saya hadir di forum diskusi santai ala Millenials di Foodpedia Dramaga Bogor dalam acara dadakan #MendadakMeetUp (#MMU).

.

Ini kedua kalinya saya ikut acara ini. Selalu ada hal yang baru yang saya dapatkan dalam setiap pertemuan, terkhusus saya ingin menceritakan insight dalam pertemuan tadi.

.

.

Tapi sebelumnya saya ingin memberi tahu dulu sebenarnya apa sih #MMU itu?

.

#MendadakMeetUp ini di inisiasi oleh aktifis muda mantan ketua BEM UI yaitu Faldo Maldini. Spirit dari kegiatan atau bahkan bisa dibilang gerakan ini adalah sebagai media atau ruang diskusi bagi people society terkhusus Millenials untuk dapat memverifikasi informasi atau isu yang beredar di media, juga sebagai sarana tukar fikiran dan networking guna menghasilkan sinergi di masa yang akan datang.

.

Kuncinya menghasilkan sinergi. Sinergi untuk apa?. Sinergi untuk membagun Indonesia lebih baik.

.

Oke dari deskripsi di atas, saya coba terangkan keterkaitannya dengan pertemuan malam ini (18/09).

.

Yang pertama, malam ini telah berhasil mengumpulkan anak-anak muda dari berbagai background tempat tinggal dan pendidikan. Dan hampir semuanya mempunyai gerakan pemberdayaan masyarakat masing-masing.

.

Misal ada salah satu peserta diskusi mahasiswa IPB mempunyai komunitas Banana Pirates, yang bergerak dalam bidang sociotraveler dengan menjadikan jalan-jalan sekaligus melakukan intervensi program. Program yang sudah mereka jalankan adalah Qurbanana dan Madrasah di Kamboja.

.

Lalu ada juga gerakan pemberdayaan pendidikan berbasis komunitas yaitu ISBANBAN (Istana Belajar Anak Banten) di Banten yang sudah memberikan manfaatnya ± kepada 900 orang.

.

Dan masih banyak lagi.

.

Jadi intinya adalah ada banyak anak muda yang punya visi untuk membangun Indonesia lebih baik dengan cara dan kemampuan masing-masing. Tapi kekurangan wadah untuk mereka berdiskusi dengan orang-orang seVisi lainnya dan berkolaborasi untuk menjadi gerakan yang lebih massive dan bertumbuh.

.

Jadi gerakan #MMU ini menurut saya telah menjadi komoditas penting dalam pengembangan networking para sociopreneur dan merupakan inovasi yang bagus untuk meningkatkan minat berdiskusi dengan bahasan yang produktif.

.

Contoh dari sinergi yang akan dilakukan adalah ide untuk membuat platform yang namanya “BOGOR KITA”.

.

BOGOR KITA ini apa?

.

.
BOGOR KITA adalah media penyalur keresahan masyarakat untuk dihubungkan kepada para pemangku kebijakan, agar tercipta solusi bagi keresahan tersebut.

.

BOGOR KITA juga akan menjadi basis sosial kemasyarakatan di dunia digital yang akan mengawal atau mengawasi penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

.

Ini gagasan besar untuk Indonesia yang akan kita mulai dari kota tercinta Kota/Kab. Bogor.

.

“Ini bukan tentang kita punya apa, tetapi tentang mau memberi apa”

.

.

MUDA PUNYA SPIRIT MEMBANGUN INDONESIA

.

.

@_kangakbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.