Tips Tingkatkan Minat Baca

Tips Tingkatkan Minat Baca

Bagaimana sih cara meningkatkan minat Baca ?

Klasik, pertanyaan yang sangat klasik dan sering muncul di Indonesia. Saya pun pernah bertanya tentang hal itu. Saking seringnya pertanyaan ini di kemukakan saya akan coba membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Oke ready ?

Saya akan memulai dari, sebenarnya apa sih yang melandasi munculnya pertanyaan tersebut. Kamu tau?

Beberapa hal ini mungkin yang bertanggung jawab atas hal tersebut, misal karena ingin punya hobbi seperti orang-orang sukses, baru baca sedikit sudah ngantuk, gak bisa fokus baca, sibuk gak bisa bagi waktu, males lihat susunan kata-kata, dan segudang penyebab lainnya yg buat kamu jadi cepat bosen baca.

Membaca sebenarnya adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. “Memang apa senangnya membaca?”, pertanyaannya semacam ini pasti dilontarkan oleh orang yang alergi membaca atau orang yang mindset nya gak seneng baca.

Membaca itu kenapa menyenangkan karena saat mata kita berinteraksi dengan susunan kata dan susunan kalimat, disaat yang bersamaan fikiran kita sedang menjelajahi ruang imajiner yang tak terbatas jangkauannya. “Maksudnya apa sih?”, maksudnya secara bersamaan kita sedang memikirkan hal yang sedang kita baca terjadi pada kita secara langsung dan real saat itu terjadi pada kita, tanpa ada yang membatasinya. Dengan kata lain membaca merupakan cara yang paling ampuh dan mendasar untuk kita manusia mengeksplorasi potensi diri kita, yang bahkan sebelumnya tidak kita ketahui.

Nah sudah kebayang asyiknya membaca?

Kembali lagi ke pertanyaan “Bagaimana sih cara meningkatkan minat Baca ?”

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan ini sangat simpel. Untuk meningkatkan minat baca adalah kurangi bertanya dan lakukan. Ya baca saja bukunya, baca, baca dan baca.

Tapi memang sebagian orang masih beralasan “cepet jenuh kang, tetep gak bisa kang…”, Klasik saya bilang ini klasik.

Kalau masih alasan juga, lakukan 3 hal ini :

1. Luangkan waktu untuk membaca
Luangkan waktu berbeda dengan waktu luang. Kalau kita membaca di waktu luang artinya kita hanya akan membaca saat sempat saja, padahal dalam prakteknya sering kali kita tidak punya waktu, entah karena pulang kerja larut malam, capek bekerja, capek kuliah dan akhirnya kita tidak melakukan apa yang sudah direncanakan. Miris.

Berbeda dengan meluangkan waktu, artinya kita akan mengalokasikan waktu kita khusus untuk membaca tanpa melakukan aktivitas lain. Contoh dalam 24 jam kita sudah meluangkan waktu selama satu jam dari jam 06 pagi sampai jam 07 pagi khusus untuk membaca dan tidak diganggu oleh aktivitas lain bahkan hanya sekedar membalas WhatsApp. Ini efektif dan akan sangat membantu kamu mengatasi kesulitan mengatur waktu untuk membaca buku.

2. Temukan minat dan tema yang relevan dengan kebutuhan kamu
Hal ini tidak kalah pentingnya dari poin pertama. Untuk melakukan sesuatu tentu saja akan akan jauh lebih nyaman saat kita melakukan hal yang kita sukai, kenapa? Karena itu memang sudah fitrahnya manusia. Bayangkan jika minat kamu pada sepak bola, tentu saja kamu akan sangat semangat menjalaninya bahkan walaupun kamu harus bayar. Begitu pula dengan membaca !, kamu tidak akan senang membaca kalau buku yang kamu baca tidak sesuai dengan minat kamu atau tidak sesuai dengan hal yang kamu butuhkan. Misal kamu seorang dokter akan sangat aneh kalau kami membaca buku tentang perminyakan dan mungkin hal tersebut tidak kamu butuhkan. Singkatnya kamu suka buku apa, baca itu. Kamu butuh buku apa, baca itu.

3. Buat target membaca
Setelah melewati poin 1 dan 2, hal ini merupakan pelengkap. Target, seperti halnya berkendara dari tempat satu ke tempat lainnya kamu harus tau mau kemana dan perkiraan sampai kapan. Membaca begitu, saat membaca kamu harus tau mau membaca materi apa dan mau diselesaikan kapan. Kalau kamu seorang ketua OSIS maka bacalah buku tentang organisasi, tentang kepemimpinan lalu di tentukan waktunya mau diselesaikan kapan buku tersebut. Satu hari kah, satu Pekan atau satu bulan semuanya ditulis secara jelas dalam niat. Tanpa target kamu akan dengan mudah menunda-nunda bahkan tidak melakukan. Inget sekali lagi HARUS TERTARGET.

Nah kalau tiga tips tersebut sudah kamu lakukan dengan benar, insyaAllah pertanyaan² berkaitan dengan kendala minat membaca akan memudar dan hilang dengan sendirinya.

Tiga tips yang saya paparkan diatas merupakan hal yang juga saya lakukan. InsyaAllah bermanfaat.

____________________________________

Ayo terus tularkan virus literasi dengan mendonasikan buku-buku lama kamu, yang akan sangat berguna untuk perkembangan pendidikan anak bangsa.

Saatnya Berdayakan Pendidikan di Indonesia

Hubungi : 085789127348

Salam literasi @_kangakbar

(Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak, yuk kasih masukan atau pertanyaan di kolom komentar )
.TERIMA KASIH. 😀

 

Tags: Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.