Rekan Bahasa
16 Apr 2023 23:49 - 2 minutes reading

Inilah 8 Mindset Bisnis yang Merugikanmu

Share This

Kegagalan dalam memulai, menjalankan serta mengembangkan bisnis biasanya disebabkan oleh mindset yang salah.

Rekan Bahasa

Berikut adalah beberapa mindset bisnis yang akan memberi Anda masalah jika tidak segera Anda singkirkan dari kepala. Apa saja?

1# Hanya untuk tujuan uang

Membangun bisnis sebaiknya dimulai karena dorongan passion dan keinginan untuk menjadi solusi dan memberi dampak kepada lebih banyak orang (melalui produk/ layanan).

Kalau motivasi utamanya hanya untuk tujuan uang, perjalanan dalam bisnis akan terasa sangat berat. Menjadi pekerja profesional (bekerja kepada orang lain) adalah pilihan yang lebih tepat .

2# Mentalitas ‘ingin cepat kaya’ 

Mengharapkan kesuksesan dan kekayaan dalam semalam menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk dan ekspektasi yang tidak realistis.

3# Mentalitas ‘sedikit jam kerja’

Menjadi pebisnis (apalagi baru merintis) akan dihadapkan dengan lebih banyak pekerjaan.  Alih-alih memiliki jam kerja singkat, justru Anda akan bekerja lebih banyak dan jam kerja tidak terbatas dibandingkan saat jadi karyawan.

4# Hanya fokus profit jangka pendek

Bisnis bukan hanya tentang hari ini. Mengabaikan keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang akan merugikan bisnis Anda. Saat merancang produk, offer, harga,  sistem penjualan dll pertimbangkan untuk keberlangsungan jangka panjang.

5# Mengabaikan feed back pelanggan

Bisnis ada untuk melayani pelanggan. Ketika hanya fokus mencari pembeli baru dan mengabaikan pembeli lama maka bisnis akan jalan di tempat. Gagal mendengarkan umpan balik, harapan, saran, kebutuhan pelanggan akan membuat mereka pergi, tidak ada loyalitas sehingga penjualan bis menurun.

6# Tidak mengembangan karyawan 

Tidak melakukan investasi untuk membuat skill karyawan bertumbuh akan membuat kinerja mereka tidak efektif dan sulit loyal. Berdasarkan data, gaji tinggi bukan penyebab utama karyawan bertahan dan bekerja dengan baik. 

7# Meremehkan pentingnya marketing

Anda harus melakukan investasi yang matang dan cerdas untuk marketing dan branding karena mereka adalah ujung tombak dari bisnis. Ketika tidak melakukan secara serius maka jangkauan produk atau layanan tidak akan sesuai harapan dan hanya sedikit pelanggan yang akan Anda dapatkan.

8# Tidak beradaptasi dengan perubahan 

Menjadi resisten terhadap perubahan dan gagal beradaptasi dengan tren dan teknologi pasar baru dapat menyebabkan bisnis menjadi usang.

 

Dapatkan diskon ecourse enterpreneurship hingga 90% dengan mengakses link berikut:

Diskon 90% E-course!

 

- - Cara Jadi Reseller Moestofa Food & Snack