Mengukur Efektifitas Kerja dengan OKR

male putting sticky notes on wall

Apa itu OKR?

OKR adalah singkatan dari Objectives and Key Results. OKR adalah metode mengelola tujuan dan target bisnis yang digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka di seluruh dunia. OKR menekankan pada pencapaian tujuan jangka panjang dan mengukur kemajuan melalui hasil kunci (key results) yang dapat diukur secara objektif.

Dalam OKR, tujuan adalah apa yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu, sedangkan hasil kunci adalah cara untuk mengukur kemajuan terhadap tujuan tersebut. Hasil kunci harus terukur, terukur, dan dapat dicapai, sehingga perusahaan dapat mengetahui dengan pasti apakah mereka telah mencapai tujuannya atau tidak.

OKR biasanya diterapkan pada tingkat perusahaan, departemen, dan individu, dengan tujuan yang saling terkait dan membantu perusahaan mencapai visi jangka panjangnya. OKR membantu perusahaan menjadi lebih terfokus, meningkatkan kinerja, dan memperkuat kultur kerja yang terfokus pada pencapaian tujuan.

Bagaimana contoh OKR?

Berikut adalah contoh OKR yang dapat memberikan ide tentang bagaimana OKR dapat digunakan:

Tujuan: Meningkatkan pangsa pasar sebesar 10% dalam tahun ini

Hasil Kunci:

  • Menambah jumlah pelanggan baru sebanyak 1.000 per bulan
  • Meningkatkan tingkat penjualan ke pelanggan yang ada sebesar 15%
  • Menjual produk baru ke 50 pelanggan baru per bulan

Tujuan: Memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan sebesar 20% dalam tahun ini

Hasil Kunci:

  • Mengurangi tingkat keluhan pelanggan sebesar 30%
  • Meningkatkan tingkat respon terhadap keluhan pelanggan sebesar 20%
  • Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan melalui survei sebesar 25%

Tujuan: Meningkatkan efisiensi produksi sebesar 15% dalam tahun ini

Hasil Kunci:

  • Meningkatkan tingkat produktivitas karyawan sebesar 10%
  • Mengurangi tingkat cacat produk sebesar 20%
  • Mengurangi waktu set up mesin sebesar 30%

Ini hanya contoh sederhana OKR, tapi Anda dapat menyesuaikan OKR Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan tujuan yang ingin dicapai. Penting untuk memastikan bahwa tujuan dan hasil kunci yang dipilih adalah spesifik, terukur, terukur, dan dapat dicapai, agar perusahaan dapat mengukur kemajuan terhadap tujuannya dengan tepat.

 

Dimana saya bisa download template OKR?

Anda dapat mencari dan menemukan banyak template OKR yang tersedia secara gratis di internet. Beberapa tempat yang dapat Anda coba adalah:

  1. Google Drive: Anda dapat mencari “template OKR” di Google Drive dan menemukan banyak template OKR yang dapat Anda download secara gratis.
  2. Asana: Asana adalah salah satu platform manajemen proyek yang menyediakan template OKR yang dapat Anda gunakan. Anda dapat mengakses template OKR di Asana dengan mendaftar ke akun gratis Anda.
  3. Hubspot: Hubspot adalah platform marketing dan sales yang juga menyediakan template OKR yang dapat Anda download secara gratis. Anda dapat menemukan template OKR di situs web Hubspot.
  4. Slidesgo: Slidesgo adalah platform yang menyediakan banyak template presentasi, termasuk template OKR. Anda dapat menemukan template OKR di Slidesgo dengan mencari “template OKR” di situs web tersebut.
Facebook Comments Box

About Author