Rekan Bahasa
6 Nov 2021 18:33 - 3 minutes reading

Optimalkan Manfaat Budaya 5R Dalam Pekerjaan Anda!

Share This

Siapa sih di sini yang tidak ingin memiliki lingkungan kerja yang nyaman dan efisien? Setiap orang pada hakikatnya pasti menginginkan hal tersebut. Namun, kadangkala keinginan tersebut tidak diiringi oleh penerapan system yang tepat dan konsisten.

Rekan Bahasa

udaya 5R berasal dari Jepang (di Jepang disebut 5S) dan terbukti sudah berhasil diterapkan dan sangat bermanfaat, dapat memaksimalkan kualitas kinerja dan hasil kerja sumber daya manusia di sana. Budaya 5R terdiri dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Di negara asalnya, budaya ini dikenal dengan sebutan 5S yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.

Mari kita bahas satu persatu!

Tapi sebelumnya, jangan lupa untuk klik like, klik icon lonceng, dan subscribe! Agar kami makin bersemangat menghadirkan konten bermanfaat untuk Anda!

  • Ringkas (Seiri)

Singkirkan barang, berkas, atau alat yang sudah tidak digunakan lagi di area kerja. Kelompokkan barang yang sering dipakai kemudian letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Barang yang jarang dipakai bisa disimpan di tempat yang aman dan tidak mengganggu pergerakan kerja. Kebiasaan menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai sebaiknya segera dihilangkan. Termasuk barang-barang kenangan dengan mantan kekasih Anda. Eaaa…..

  • Rapi (Seiton)

Apakah Anda pernah kehilangan obeng di saat saat genting? Atau kehilangan pensil yang sedang dibutuhkan? Coba terapkan budaya rapi. Lingkungan kerja yang rapi mempermudah mencari barang yang sedang dibutuhkan. Letakkan barang-barang di tempat semula setelah menggunakan agar mudah ditemukan.

Barang-barang yang ditata rapi tampak lebih indah dipandang mata. Barang berat bisa diletakkan di bagian bawah sedangkan barang ringan di bagian atas agar rak penyimpanan kokoh. Jika perlu, gunakan label untuk mempermudah pengelompokan barang. Lingkungan kerja yang rapi memudahkan akses dan meningkatkan efektifitas kerja.

  • Resik (Seiso)

Sebelum dan setelah bekerja bersihkan lingkungan kerja agar tidak ada sampah atau debu yang bersarang hingga membuat pemukiman. Bersihkan barang-barang serta lingkungan kerja secara berkala agar debu dan kotoran tidak betah singgah.

Jangan ragu untuk mengganti barang yang sudah rusak atau tidak layak pakai. Lingkungan kerja yang bersih mengurangi resiko adanya kuman, virus, atau bakteri yang menempel di barang-barang sehingga lingkungan jadi lebih sehat. Bersihkan lingkungan kerja mulai bagian atas ke bawah hingga semua bagian dibersihkan.

  • Rawat (Seiketsu)

Kebersihan dan kerapian lingkungan kerja tidak hanya dilakukan sekali-kali saja. Kondisi ini harus terus dirawat agar menjadi sebuah kebiasaan baik. Perawatan harus didukung oleh seluruh pengguna ruangan agar kebersihan dan kerapian tetap terjaga. Anda bisa membuat standar prosedur untuk dijadikan acuan kebersihan dan kerapian lingkungan kerja.

  • Rajin (Shitsuke)

Penerapan budaya 5R harus dilakukan secara terus menerus. Setelah melakukan 4R (ringkas, rapi, resik, dan rawat), selanjutnya adalah rajin. Anda harus menciptakan kebiasaan yang baik di lingkungan kerja. Langkah terakhir dari budaya 5R adalah langkah pendukung dan pemantapan.

Manfaat Menerapkan Budaya 5R

Menerapkan budaya 5R di lingkungan kerja merupakan langkah awal untuk meningkatkan pengendalian mutu perusahaan. Manfaat menerapkan budaya 5R di lingkungan kerja adalah:

  1. Meningkatkan produktivitas
  2. Menanamkan perilaku tanggung jawab individu dan kelompok
  3. Meningkatkan kualitas kerja
  4. Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman
  5. Menanamkan rasa disiplin individu dan kelompok
  6. Meningkatkan citra perusahaan
  7. Kerja lebih efisien dan teratur

Masih banyak lagi manfaat dari menerapkan budaya 5R ini di lingkungan kerja Anda. Namun, harus diingat, penerapan sistem ini harus disertai dengan konsistensi dan komitmen yang tinggi. Kalau sudah begitu, dijamin, lingkungan kerja Anda akan semakin nyaman, aman, dan makin menghasilkan (produktif).

Nantikan tips bisnis & manajemen kami berikutnya!

Semoga bermanfaat

Salam World Class Manager

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

- - Cara Jadi Reseller Moestofa Food & Snack