Tips Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Berikut beberapa tips dan trick dalam mengingkatkan kemampuan problem solving :

1. Perbanyak pengetahuan; perbanyaklah pengetahuan dalam bidang teknis yang sedang anda tekuni , mempunyai banyak pengetahuan akan mempermudah kita dalam mencari solusi setiap permasalahan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu ;

  • a. Mengikuti trend dibidang yang dipilih
  • b. Mengikuti kursus tambahan untuk memperdalam keahlian dan pengetahuan
  • c. Aktif berdiskusi dan mendengarkan nasihat dari orang yang lebih pengalaman

2. Latihan menyelesaikan masalah; setelah memperbaiki pola pikir Anda harus banyak berlatih dalam menyelesaikan masalah , dengan cara membaca buku –buku praktikum terkait, atau mencari scenario problem solving yang sesuai dengan bidang anda secara online.

3. Ubah pola pikir; pandanglah bahwa sebuah masalah bukan suatu beban melainkan sebuah tantangan yang diperlukan untuk terus tetap tumbuh , supaya kita tidak merasa stress dan tertekan dengan keadaan yang ada.

4. Gunakan metode mind mapping; metode ini sangatlah mudah dan menarik karena dapat menuntut kita mengeluarkan ide ide dalam otak kita , selain itu mind mapping dapat bermanfaat menjelaskan bagian bagian yang kita miliki sehingga dapat menemukan secara detail penjelasan yang ada.

5. Lihat bagaimana strategi orang lain dalam menyelesaikan masalah; pahami setiap strategi dan cara orang lain yang lebih senior dari anda dalam menyelesaikan masalah.

6. Bermain game asah otak; mungkin ini sangat sepele dan sederhana karena tidak terkait dengan masalah bisnis tetapi game ini mampu memacu otak kita untuk mencari startegi dan cara dalam memenangkan permainannya, seperti game Sudoku, rubric , puzzle, dan bermain catur. Game game tersebut sangat membantu proses berpikir otak kita.

7. Fokuslah pada solusi ; setiap kali ada permasalahan tetaplah cari solusi dan focus bagaimana masalah tersebut dapat terselesaikan dengan solusi dari diri kita, jangan sesekali focus terhadap masalah karena hanya akan menambah beban pikiran, memberikan sifat dan tindakan negatif anda, sehingga tidak dapat berfikir secara jernih untuk menemukan solusi terbaiknya.

8. Tingkatkan kemampuan komunikasi; kemampuan komunikasi yang baik akan diperlukan untuk menangani masalah jika melibatkan orang lain.

Dalam memecahkan masalah sikap utama kita adalah mencari solusi terbaik dari setiap masalah kemudian berani melakukan tindakan yang relevan untuk mendapatkan hasil dari solusi yang sudah kita temukan , jangan pernah terfokus pada masalah anda tetapi fokuslah dalam menjalankan solusi anda supaya sudut pandang kita berubah menjadi energy positif yang mampu mendorong proses terselesaikannya suatu masalah.

Nantikan tips bisnis & manajemen kami berikutnya!

Semoga bermanfaat

Salam World Class Manager

SEKOLAH MANAJER

Facebook Comments Box

About Author